SAKRAMEN PENGUATAN

Sakramen Baptis, Penguatan/Krisma dan Ekaristi disebut sakramen inisiasi, yaitu: sakramen-sakramen yang memasukkan si penerima ke dalam iman.

 

Apakah Sakramen Penguatan itu?

Penguatan adalah sakramen yang melengkapi Baptis. Di dalamnya, karunia Roh Kudus dilimpahkan atas kita. Setiap orang yang dengan bebas memutuskan untuk menjalani hidup sebagai anak Allah dan memohon Roh Allah turun dengan tanda penumpangan tangan dan diurapi minyak Penguatan menerima kekuatan untuk menjadi saksi kasih Allah dalam kata dan perbuatan. Dia sekarang bertanggung jawab dan menjadi anggota penuh Gereja Katolik.
Ketika seorang pelatih memasukkan seorang pemain bola ke lapangan pertandingan, ia menaruh tangannya di pundak pemain dan memberi perintah terakhir. Kita dapat memahami sakramen Penguatan dengan cara yang sama. Uskup atau imam wakilnya menaruh tangannya atas kita. Kita melangkah ke dalam lapangan kehidupan. Melalui Roh Kudus kita mengetahui apa yang harus kita lakukan dan kita telah diberi kekuatan untuk melakukannya. Roh Kudus menyemangati kita. PerutusanNya diperdengarkan di telinga kita. Kita merasakan pertolonganNya. Kita tidak akan mengkhianati kepercayaanNya dan tidak mau pula mengecewakanNya. Kita akan memenangkan pertandingan untukNya. Kita hanya ingin melakukan perutusan dariNya dan mendengarkan Dia.

Read more: Sakramen Penguatan

KEBANGKITAN KRISTUS

Apakah Yesus benar-benar wafat? Mungkin Ia bangkit lagi karena hanya tampaknya saja wafat.

Yesus benar-benar mati di kayu salib; TubuhNya dikuburkan. Semua sumber bersaksi tentang ini.
“Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus; tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.” (Yoh 19:32-34)

 

Dapatkah kita menjadi Kristen tanpa percaya pada kebangkitan Kristus?

Tidak.Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.” (1Kor 15:14)

Read more: Kebangkitan Kristus