ANAK ALLAH HARUS KAYA?

Kadang-kadang ada gereja non Katolik yang menarik-narik orang Katolik agar masuk ke dalamnya dengan alasan: di sana orang mendapat jaminan akan jadi orang sukses dan kaya, sebab anak Allah tidak boleh miskin dan menderita, anak Allah adalah anak Raja.
B
enarkah alasan itu?

Dalam pewartaan para rasul, seperti yang tercermin dalam Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, dapat kita amati bahwa sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus sering disebut bersamaan. Sengsara dan wafat Yesus di satu sisi, dan kebangkitanNya yang mulia di lain sisi. Namun keduanya merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Yang satu tidak mempunyai arti tanpa yang lain. Keduanya merupakan fakta sentral dan fundamental bagi iman Kristen. Hal ini dapat kita simpulkan dari teks-teks berikut: Kis 2:23; Kis 3:15; 1Kor 15:3.

Read more: Anak Allah Harus Kaya?

TENTANG PERSEPULUHAN

Hampir semua Gereja Kristen mewajibkan persepuluhan. Pendasaran mereka salah satunya adalah Mat 23:23, “ Yang satu (= membayar persepuluhan) harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan”.

Bagaimana cara pandang Katolik terhadap pendasaran ini?

Jawaban:

Marilah kita tidak melepaskan ayat itu dari konteksnya. Ayat 23 tidak hanya satu kalimat itu, tetapi:

“Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu keadilan, belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.”

Read more: Tentang Persepuluhan

EKARISTI ADALAH PENYEMBAHAN BERHALA?

Dalam sebuah buku yang mengkritik iman Katolik tertulis:

Umat Katolik harus menyembah dan memuja hosti dan berlutut. Mereka juga mengaraknya dalam prosesi dan setiap orang berlutut dan menyembah hosti yang telah menjadi “Yesus” mereka…. Jadi mereka bukan hanya membuat “patung” yang menyerupai roti kecil, lalu memaklumkannya sebagai “Yesus”, tetapi juga berlutut dan menyembah roti kecil itu. Seluruh praktek itu dilarang Tuhan.

Benarkah argumen itu?

 

Penjelasan:

Kalau hosti itu tidak menghadirkan Yesus Kristus sendiri, memang umat Katolik jadi penyembah berhala. Tetapi bagi umat Katolik hosti kudus adalah memang benar-benar Tubuh Kristus. Dengan demikian itu jelas bukan penyembahan berhala.

Read more: Ekaristi Adalah Penyembahan Berhala?

EKARISTI TIDAK BERDASARKAN KITAB SUCI?

Ekaristi, yang merupakan bagian sangat penting dalam iman Katolik, sering diserang. Inilah satu kutipan dari sebuah buku yang mengkritik ekaristi dalam Gereja Katolik:

“Sungguh menarik bahwa misa yang dipraktekkan Gereja Katolik hampir identik dengan kebiasaan “kurban tak berdarah” yang dipraktekkan dalam kerajaan Romawi, pada awal masa pembentukan Gereja Katolik…. Jelas bahwa doktrin Katolik, yang mengorbankan Yesus kembali pada setiap perayaan misa, datang dari seremoni-seremoni orang kafir, bukan dari firman Allah yang tercatat dalam Alkitab.

Sekalipun ekaristi mirip dengan Perjamuan Kudus dalam Gereja Kristen, tetapi artinya sangat berbeda. Ekaristi (dalam Gereja Katolik) adalah pengulangan pengorbanan Kristus”.

Bagaimana menjawab kritikan itu?

Read more: Ekaristi Tidak Berdasarkan Kitab Suci?

APAKAH PEMBAPTISAN BAYI / ANAK

SESUAI DENGAN ALKITAB ?

Tidak jarang praktek pembaptisan bayi yang menjadi tradisi Gereja Katolik dianggap tidak sesuai dengan Alkitab. Alasannya: bayi belum bisa beriman. Biarlah ia memilih imannya sendiri kelak kalau ia sudah cukup besar untuk dapat memutuskan. Benarkah argumen itu?

Jawaban:

1. Pertama-tama harus disadari bahwa dalam Alkitab tidak ada satu ayat pun yang eksplisit melarang pembaptisan bayi. Sebaliknya, ayat yang memerintahkan pembaptisan bayi pun juga tidak ada. Namun pertimbangkanlah ayat ini: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepadaKu; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Surga” (Mat 19:14). Apakah Yesus menolak seseorang untuk dibaptiskan dengan alasan ia masih bayi/anak?

Read more: Apakah Pembaptisan Bayi/Anak Sesuai Dengan Alkitab?